Gak Gampang Jadi Baby Sitter >..<!-- < -->

by 22:08:00 0 comment

19-23 Desember 2010

Hmmm, ini liburan lho. Acara pernikahan kak citra udah selesai. Enaknya ngapain ya? Firasatku mengatakan aku gak akan kemana2 pas liburan ini. Dan ternyata emang bener, aku gak kemana2. Cuma di rumah aja, tapi rumah nya rumah nenek ku.

 

Aku gak menyesal kok sama liburan ku. Aku bermain2 ma adik2ku yang tercinta. Entah lah main apa, yang jelas permainan anak2. Pokoknya terima aja deh yang dimainin ma anak2 kecil, ayo aja lah, haha

 

Dari liburan ini, aku belajar banyak hal. Hal yang paling utama adalah BELAJAR JADI BABY SITTER!!! Ya ya, adik2 ku masih pada kecil2, kecuali satu, yang paling gede, Rahman namanya. Dia udah SMP kelas 8. Aku, selain main sama adik2ku, juga harus ngurus mereka, jagain mereka biar gak macem2. Hahaha, oke inilah pengalaman ku selama menjadi BABY SITTER mereka.

 

1. baby sitter untuk Nasya-Khansa

Nasya-Khansa emang udah agak gede. Tapi masih terhitung kecil, soalnya mereka masih SD kelas 3 dan 1. Hm, ya, hari itu aku diajak nginep di rumah mereka. Dan, ya, aku sebagai baby sitter nya sepertinya dikerjain abis2an. Mereka ngajak aku ma kakakku main lompat tali. Ya, this’s my favorite game. Awalnya aku nikmatin permainan ini, trus di tengah2 permainan sepertinya, seseorang telah berbuat curang. Jadi seseorang yang lain pun tidak terima dan, ya seperti yang biasa dilakukan anak kecil, nasya-khansa bertengkar. Oke, akhirnya kami dapat jalan tengah, kami main se-grup2. Aku dan nasya, kak ruri dan khansa. Cara bermainnya, segrup harus saling kerja sama. Kalo yang satu gagal ngelompatin talinya berarti satunya yang gantiin. Dan teman yang gantiin tu harus 2 kali lompat. Kalo temen yang gantiin itu juga gagal lompat, berarti mereka mati dan harus megang talinya. Awalnya mereka masih niat main,  mereka masih melompati talinya dengan niat –“ lama kelamaan, mereka udah rada males2an. Mereka lompat asal2an, gak tau deh tu mereka gak bisa lompat beneran atau emang sengaja untuk ngejahilin aku ma kakakku. Dan jadilah malam itu (karena waktu itu mainnya malam2) sebagai malam dimana aku dan kakakku ber-encok2 ria >..< sabaarrr…...

 

2. baby sitter untuk Sultan

Yayaya, ni adik cowokku yang kedua setelah rahman. Dia masih umur 4 tahun (kalo gak salah hehe). Mm, jadi ceritanya begini. Waktu itu kami semua main PS di rumah rahman-nasya-khansa. Kami main TEKEN 3. Tanya kenapa? Soalnya TEKEN 3 tu mainan yang bisa dimainkan 2 orang dan lagi seruuu. Hm, TEKEN 3 pokoknya jadi andalan lah selain 3 Xtreme. Ahahhaha. Oke lanjut. Jadi, pas sultan main TEKEN lawan khansa dan nasya, berkali2 dia kalah. Awalnya dia Cuma diem aja. tapi lama kelamaan dia marah terus bilang kayak gini, “ahh, curang ah. Masa kamu menang terus? Aku kan juga mau menang.” dengan tampang merengut. Terus pas main lagi, dia masih kalah lagi dan ngomong, “tu kan kalah lagi kalah lagi. Kamu mainnya jangan curang dong,” JDEERR!!! Hellooooo…., orang menang kok dibilang curang. Ahaaahahaha, yaammpun anak kecil. Tapi pas sekalinya dia main sama rahman dan dia kalah, rahman langsung cepet2 ngomong, “gapapa ya tan, kamu kalah. Toss dulu,” dan sultan pun gak marah walaupun emang masih merengut. Dasar ni anak, kalo sesama kaumnya aja gak marah -__-

 

3. baby sitter untuk Rana

Rana adalah adik cewekku yang paling kecil dan paling PENDIAM. Aku heran banget, kayaknya keluargaku gak ada yang pendiam deh. Semuanya rame, entah apa yang dibicarakan yang penting heboh gitu lho. Tapi kok rana diem bgt ya? Hem hem hem… oke lanjutin, ceritanya gini. Waktu kita semua ni  pada main PS (baca: playstation) kita heboh semua ni. Waktu itu kaset yang kita mainin adalah TEKKEN 3. Hem, ya memang seru. Walaupun setiap kali main Cuma 2 orang, tapi yang nonton pun ikut heboh. Saking heboh nya kita, semuanya terpaku pada layar tv dan saling menyemangati satu sama lain. Gak ada yang liat lingkungan sekitar. Pas-pasan aku duduk di belakang nya rana. Aku gak sengaja liat si rana, lagi memperhatikan tv tanpa ekspresi. Dia gak ngomong apa2. Hem, tampang nya dia seakan berbicara, “aku bosen, pengen main yang lain.” Yaa mungkin seperti itu. Tapi karena dia pendieeeem banget dia gak ngomong sama sekali. Terima aja, tampangnya melas gitu. Saat itu ibu ku ngeliat juga. Trus nyuruh aku, ma kakakku cariin mainan apa gitu kek buat dia. Akhirnya, aku nyari boneka2an buat dia, trus aku kasih ke dia. Rana seneng banget waktu itu, tampangnya langsung sumringah gitu. Kalo gini kan enak diliatnya, batin ku.

Saat itu, mamanya rahman (sebut saja bunda Lili) lagi masak pizza buat kita2. Pas pizza nya udah jadi, semuanya pada rebutan. Dan bisa ditebak yang gak rebutan siapa. Ya, Rana. Dia cuma diem aja. Dia gak ngambil, gak minta, tampangnya pasrah gitu. Yaampun makin melas deh rasanya aku. Trus kakakku nyuapin pizzanya itu (potongan kecil) ke Rana. Kupikir dia gak mau, tau nya mau tuh. Akhirnya, kakakku makan bareng pizza nya sama Rana, tapi Rana cuma ngambilin kejunya doang. Saat itu, aku merasa kasian banget deh sama dia. Kok dia pendiem banget di antara seluruh saudara2nya yang gak bisa diem dan rakus gini? Hem hem hem…

Saat dia udah selesai makan, ibuku nyuruh kakakku tanyain ke dia mau pipis apa gak. Maksudnya, daripada entar dia ngompol, bisa berabe haha. Dia bilang ke kakakku, dia pengen pipis. Kakakku nganterin dia ke kamar mandi. Kakakku nunggu dia mengeluarkan pipisnya sampe bener kosong kantong kemihnya. Pas rana bilang ke kakakku dia udah selesai pipisnya, kakakku dengan entengnya ngomong, “Dy, Dy, ni si rana udah selesai. Cebokin tu….” Weiiittt, enaak aja dia, cuma nganterin pipis trus bagian cebok-mencebok aku? Yaampuunn, I don’t love the most this part, aarrgghh…. Oke, untung aku inget, rana itu adikku. Jadi, dengan memberanikan diriku (apaan sih haha) aku mulai mencebokkan dinya (aduh bahasanya…). Sambil menahan rasa geli, aku tetep cebokin sampe bersih (yaa, meskipun asal2an sih). Selesaaiiii… aku langsung cuci tangan ku sendiri dan cepet2 mau keluar dari kamar mandi. Tapi, aku baru inget. Walaupun dia gak cebok sendiri, tetep aja tangannya kotor. Dan ya aku suruh dia cuci tangan. Ternyata, dia belum ngerti cara cuci tangan. Karena kebetulan disana ada 2 sabun, aku kasih satu sabun ke dia, satu untuk aku. Aku bilang gini, “Rana, ni sabunnya. Ikutin ya,, taro sabunnya di sini, trus gosok2 deh pake tangan satunya.” Dia emang ngikutin aku, tapi yaampun  gosok tangannya pelaaaaannn banget. Aku ketawa sendiri liatnya. Aku jadi makin saying deh, sama adikku yang satu ini. Hahahha

 

4. baby sitter untuk Baim

Ini dia, adikku yang paling kecil. Namanya Baim, umurnya baru 1 tahun. Baim tu lucu banget, anaknya gampang ketawa. Ini pengalamanku menjaga Baim. Jadi, saat itu semua orang lagi pada sibuk kerja. Daripada baim ngacau pekerjaannya, aku jagain aja deh. Dia minta aku ambilin mainan kuda2an. Trus, dia minta aku naikin dia ke kuda2annya. Ayun2 deh dia disana. Gak lama, dia minta turun. Gak lama lagi, dia minta naik lagi. Yaudah deh daripada dia minta turun lagi, kugoyang2in aja tu kudanya. Eh dia kesenengan gitu sambil ketawa2. Lama juga tu dia di kuda dan masih ketawa2. Tiba2 dia minta turun. Dia berdiri, diem gitu aja kayak patung, gak ketawa2. Aku tanya ke dia, “Baim mau naik lagi?” dia natap aku agak lama. Ni anak kenapa sih, pikirku. Tiba2, dia bergeser dari tempat dia berdiri dan bersuara lagi, “taaa taaa, u u (nunjuk2 bekas tempat berdirinya)” yaampun, ada kuning2 yang membentuk pulau2. Uwaaa, ngompol di lantai dia. Oke, dalam hal ini aku agak berpengalaman. Kalo dia ngompol, kita jangan ribut2 atau heboh2 gitu. Entar si baim kaget, trus ngira kita tu marahin dia. Jadi, aku diem trus bilang, “oo, ngompol ya? Baim diem2 aja ya, tunggu disitu oke?” trus si Baim bakal ngangguk2. “ncu, ncu, sib aim ngompol tuh…”, aku langsung triak2 manggil ibu nya Baim (ncu singkatan dari uncu = panggilan untuk ibunya baim). Kalo mamanya udah datang, aku pergi deh.  semua beres ditanggung ama emaknya ahahaha..

Satu lagi, yang lebih berbobot, dan ini sering terjadi padaku. Baim lagi main mobil2an. Aku nemenin dia. Dia asik banget mainnya, “buumm,, ciitt….” Ăź kata dia. Dia jalanin mobil2an nya ke badan dia. Tiba2 suaranya gak kedengeran lagi. Dia diem aja, gak ketawa2. Aku bercandain dia juga, ama dia gak ditanggepin. Tiba2 kok aku nyium2 bau yang sangat familiar. Biasanya aku cium ini di kamar mandi, busuk2 gimana gitu. Aku coba cari sumber bau nya, “(ngendus2)baunya dari mana ya?” trus aku ngendus2 di sekitar baim. Emmhh baunya makin kerasa.. aku tanya aja ke dia, “Baim mau ee’ ?” trus baim jawab “he em” sambil ngangguk2. Trus aku liat ke belakang baim. Waooww, ada sebongkah krim berwarna kuning keemasan atau coklat keemasan. Jangan.. jangan.. itu ee’ nya baim, batin ku. Aku langsung manggil uncu, ”ncu, si baim ee’…

Yang aku heranin, dari dulu, setiap aku deket baim tu pasti pas2an dia mau ee’. Aaaaaaa itu menjijikkan…

 

Oke, saya hargai para baby sitter dan/atau pengasuh anak. Hooaa, ternyata memang melelahkan ya? Hahahha

 

Unknown

Writer

Thanks for reading this post. Do you have anything to share? Just comment below. :)

0 comment:

Post a Comment